CG | Introducing

3 01 2007

Ehm..cuma berbagi sedikit nie tentang workflow gimana cara buat animasi 3D, soalnya gw juga gak jago2 amat, belajar bareng OK…

Workflow

Setiap 3D Artist punya style berbeda dalam workflow. Tetapi pada umumnya tahap pengerjaan suatu proyek dapat dipecah menjadi beberapa bagian berikut. Gw bisa bilang “Loe kaya punya studio Foto n Studio Film Sendiri” Ini dia 6 tahap pengerjaannya 🙂

1. Konseptualisasi Proyek

Pada dasarnya ini adalah step yang penting dan termasuk di dalamnya banyak sekali sub-step, seperti riset, sketsa, storyboarding, scriptwriting, dll. Sangat penting sekali untuk membangun, mendefinisikan dan menyempurnakan konsep yang solid. Langkah-langkah yang harus dilaksanakan sebelum proyek dikerjakan pada komputer tergantung pada kelebihan dan kekurangan animator.

Storyboard (jalan cerita) dapat diakatakan sebagai jiwa dari animasi atau bahkan film yang akan dikerjakan. Menarik atau tidaknya sebuah film lebij ditentukan dari storyboard film tersebut

Contoh character sketch

Konsep_Chipi

2. Modelling

Modelling adalah istilah spesifik yang mencakup konsep dan teknik yang cukup banyak. Mudahnya modelling adalah proses pembuatan bentuk-bentuk virtual yang melengkapi suatu scene. Objek-objek tersebut dapat berupa apa saja. Biasanya modelling artist dibagi menjadi beberapa bagian spesifik seperti character designer, architectural, vehicle, landscape n props, weapon, de el el…

Seorang Modeller atw Sculptor bisa jadi harus menguasai hair style, fashion, dan hal2 lain yang terkait dengan pembuatan objek…luas lah yg harus loe ketahui.

Contoh modelling dengan menggunakan 3DS Max

Modelling_Chipi

3. Sculpting

Setelah modelling ada juga 3D Artist yang ingin membuat detail pada objek. tahap ini biasanya disebut dengan Sculpting (Pahat). Biasanya menggunakan s/w lain seperti Zbrush..Orangnya disebut Sculptor.


4. Animating

Proses yang paling dinamis dan cukup menyenangkan. Animasi modern untuk karakter saat ini biasanya telah menggunakan Motion Capture (merekam gerakan). Gerakan yang dilakukan oleh model manusia asli diterpkan pada model 3D agar animasi terlihat lebih halus. Animasi tidak hanya karakter tetapi bisa juga animasi cahaya, camera, de el el..

5. Lighting

Pencahayaan adalah salah satu proses yang sangat penting dalam 3D. Tanpa penahayaan yang baik, maka objek akan terlihat tidak real. Lighting dasar banget pake 3 points Light bwt menghasilkan objek yg cukup real. Nantinya kalian akan mengenal GI (Global Illumination) dan FG (Final Gather) untuk menghasilkan suatu objek yang benar2 rel (GI dan FG gw jelasin nanti aja di tutor berikutnya).

Lighting n rendering

Lighting_Chipi

6. Texturing

Texturing adalah proses pemberian material yaitu proses pemberian karakteristik pada benda/objek seperti warna, highlight, diffuse, bump, displacement. Secara kasar teksturing bisa berarti pengecatan pada sebuah objek. Biasanya untuk teksture yang agak kompleks menggunakan s/w lain seperti Photoshop.

Texturing_Chipi

7. Rendering

Setelah selesai satu scene dan proses animasi telah selesai, tahap selanjutnya adalah proses rendering. Rendering bisa dibilang adalah proses Executing dimana hasil karya kita diproses yang nantinya keluar sebagai hasil akhir (baik berupa image ataupun animasi).

Contoh final render :

Final_Chipi

Tahap produksi biasanya tidak selesai hanya seteleh rendering. Seorang yang bergerak di bidang seperti industri game, TV, Film, dll biasanya menyempurnakan project dengan software lain. Biasanya digunakan software compositing seperti Adobe After Effects, de el el

Seorang yang bergerak di bidang ini biasanya bekerja dalam deadline. kadang ada rasa jenuh trus kadang2 mandeg…yang akhirnya kerjaan gak kelar2 dech. Butuh banyak support lah n kerja bareng team.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: